Artikel tentang peran pramuniaga tentang omset penjualan
MEMAHAMI PERAN PRAMUNIAGA DALAM BISNIS MODE. Rasanya bukan hal yang aneh lagi kalau untuk menjual produk fashion miliknya, seorang pemilik sebuah fashion brand mempekerjakan seorang pramuniaga untuk membantunya menawarkan dan menjual produknya. Tapi tahukah Anda apa peran seorang Sales Promotion Girl/Boy sesungguhnya?
Banyak orang menganggap peran pramuniaga itu tak lebih dari "pelayan toko". Tugasnya hanya menawarkan barang dagangan, menjaga barang jangan sampai hilang dan menerima uang hasil penjualan sesuai target yang diberikan Boss. Padahal peran sesungguhnya seorang pramuniaga amatlah penting.
1. Memastikan counter tempatnya menjual produk sudah terisi dan tertata rapih dengan visual display menarik yang menginformasikan dan menginspirasi gaya busana terbaru lewat grouping produk yang rapih sesuai kategorinya atau padu padannya. Entah itu dengan signage display yang jelas, poster ataupun mannequin.
2. Dengan seragam yang menarik sesuai citra brand yang diwakilinya, ia selalu berpenampilan rapih, bersih dan menarik serta sopan dalam bersikap dan bertutur kata. Pendeknya, buat dia customer yang datang itu ibarat raja karena dia sadar dari customer itulah sesungguhnya gajinya berasal. Karena.itu sedikit pun tidak boleh memandang customer dengan sifat curiga atau memandang "rendah" customer. Boleh jadi memang ada customer yang berpenampilan sederhana. Tapi itu bukan berarti mereka tidak mampu. Kalaupun mereka melihat lihat dan tidak membeli, siapa tahu hari itu dia tidak membawa uang dan akan datang lain kali.
3. Selain itu seorang pramuniaga juga harus tahu persis produk mana yang terbaru, produk promosi mana yang sedang ditawarkan dan apa saja kelebihan produk yang dijual dan cara memakai serta perawatannya.
4. Seorang pramuniaga yang baik tidak hanya menawarkan produk yang dijual tapi ia juga mampu mempengaruhi customernya untuk mau membeli lebih dengan menawarkan beragam gaya padu padan busana layaknya seorang fashion advisor. Bagaimanapun juga customer yang datang adalah orang yang mau problemnya terpecahkan. Mulai dari keinginannya untuk mencari produk yang sesuai bentuk tubuhnya, keinginannya mengikuti trend sampai kemauannya menxari barang bagus yang murah.
5. Seorang pramuniaga adalah orang yang jeli mencatat apa saja kesukaan, keluhan dan harapan customernya yang pada akhirnya menjadi masukan buat desainer dan tim marketing brand untuk menangkap selera customer mereka.
6. Seorang pramuniaga yang baik selalu mampu menjaga networking yang baik dengan customernya dan menjadikan mereka pelanggan brand tempatnya bekerja.
6. Sudah barang tentu pada akhirnya seorang pramuniaga yang baik adalah mereka yang mampu mencapai target penjualan yang dibebakan kepadanya dan selalu menjaga barangnya dengan baik dengan melakukan kontrol size dan item yang laku selalu ada dan mencegah kehilangan produknya dengan selalu membuat kontrol laporan stok dan penjualan yang baik.
Banyak orang menganggap peran pramuniaga itu tak lebih dari "pelayan toko". Tugasnya hanya menawarkan barang dagangan, menjaga barang jangan sampai hilang dan menerima uang hasil penjualan sesuai target yang diberikan Boss. Padahal peran sesungguhnya seorang pramuniaga amatlah penting.
1. Memastikan counter tempatnya menjual produk sudah terisi dan tertata rapih dengan visual display menarik yang menginformasikan dan menginspirasi gaya busana terbaru lewat grouping produk yang rapih sesuai kategorinya atau padu padannya. Entah itu dengan signage display yang jelas, poster ataupun mannequin.
2. Dengan seragam yang menarik sesuai citra brand yang diwakilinya, ia selalu berpenampilan rapih, bersih dan menarik serta sopan dalam bersikap dan bertutur kata. Pendeknya, buat dia customer yang datang itu ibarat raja karena dia sadar dari customer itulah sesungguhnya gajinya berasal. Karena.itu sedikit pun tidak boleh memandang customer dengan sifat curiga atau memandang "rendah" customer. Boleh jadi memang ada customer yang berpenampilan sederhana. Tapi itu bukan berarti mereka tidak mampu. Kalaupun mereka melihat lihat dan tidak membeli, siapa tahu hari itu dia tidak membawa uang dan akan datang lain kali.
3. Selain itu seorang pramuniaga juga harus tahu persis produk mana yang terbaru, produk promosi mana yang sedang ditawarkan dan apa saja kelebihan produk yang dijual dan cara memakai serta perawatannya.
4. Seorang pramuniaga yang baik tidak hanya menawarkan produk yang dijual tapi ia juga mampu mempengaruhi customernya untuk mau membeli lebih dengan menawarkan beragam gaya padu padan busana layaknya seorang fashion advisor. Bagaimanapun juga customer yang datang adalah orang yang mau problemnya terpecahkan. Mulai dari keinginannya untuk mencari produk yang sesuai bentuk tubuhnya, keinginannya mengikuti trend sampai kemauannya menxari barang bagus yang murah.
5. Seorang pramuniaga adalah orang yang jeli mencatat apa saja kesukaan, keluhan dan harapan customernya yang pada akhirnya menjadi masukan buat desainer dan tim marketing brand untuk menangkap selera customer mereka.
6. Seorang pramuniaga yang baik selalu mampu menjaga networking yang baik dengan customernya dan menjadikan mereka pelanggan brand tempatnya bekerja.
6. Sudah barang tentu pada akhirnya seorang pramuniaga yang baik adalah mereka yang mampu mencapai target penjualan yang dibebakan kepadanya dan selalu menjaga barangnya dengan baik dengan melakukan kontrol size dan item yang laku selalu ada dan mencegah kehilangan produknya dengan selalu membuat kontrol laporan stok dan penjualan yang baik.
Komentar
Posting Komentar