Artikel tentang tugas seorang pemimpin



Tugas Seorang Pemimpin
Jika saat ini anda dipercaya untuk menjadi seorang pemimpin (baik pemimpin kelompok kecil maupun kelompok besar) maka pastikan jangan lupa untuk melakukan hal-hal berikut dalam fungsi kepemimpinan anda:

Menciptakan visi masa depan yang menginspirasi.
Tugas terpenting seorang pemimpin adalah menunjukkan kepada pengikutnya arah tujuan kelompok atau disebut juga dengan visi. Visi adalah tujuan jangka panjang yang mengikat dan mempersatukan gerak seluruh anggota tim. Visi berfungsi sebagai kompas yang menunjukkan arah gerak suatu kelompok atau organisasi. Visi adalah gambaran masa depan dimana kita akan berada.
Memotivasi dan menginspirasi agar orang lain mau terlibat dalam visi anda tersebut.
Jika sebagai pemimpin anda sudah memiliki gambaran tentang masa depan yang akan dituju oleh anda dan kelompok anda, maka tugas berikutnya yang tidak kalah berat adalah menginspirasi dan meyakinkan tim anda untuk mau bersama-sama dengan anda meraih visi tersebut. Dalam tahap ini kemampuan anda untuk memahami keinginan dan harapan anggota tim, serta kemampuan anda untuk memotivasi dan menginspirasi anggota tim akan menentukan keberhasilan anda untuk menjadikan anggota tim anda sebagai pendukung utama untuk mencapai visi tersebut.
Memiliki perencanaan untuk membuat visi tersebut menjadi nyata.
Anda sudah memiliki tujuan, tim yang akan membantu anda untuk mencapai tujuan tersebut, berikutnya adalah bagaimana anda mengelola sumber daya yang anda miliki (termasuk anggota tim anda) untuk mencapai visi anda tersebut. Kemampuan anda untuk melakukan Planning, Organizing, Leading, dan Controlling atas sumber daya yang anda miliki akan menentukan keberhasilan anda dalam mencapai tujuan organisasi. Dalam tahapan ini anda memecah tujuan jangka panjang anda menjadi tujuan-tujuan yang lebih kecil yang memastikan pencapaian visi anda.
Membangun dan melatih anggota timnya agar dapat mencapai visi organisasi dengan efektif.
Kepemimpinan adalah bagaimana kita menyeimbangkan antara manajemen tugas (task management) dan manajemen orang (people management). Jika anda telah memiliki visi, anggota tim yang akan membantu anda mencapai visi, dan perencanaan jangka pendek untuk memastikan pencapaian visi, maka berikutnya adalah membangun dan melatih tim anda, dan memastikan tim anda memiliki kemampuan (competence) dan kemauan (willingness) untuk mencapai tujuan-tujuan kelompok tersebut.

Komentar